Packaging atau kemasan adalah dasar suatu
komunikasi tertulis yang mempunyai fungsi lain yang
mencakup dicetak komunikasi, yang juga melakukan fungsi lain seperti mengemas dan melindungi isinya dari
kerusakan, perubahan suhu, dan cahaya. Desain kemasan adalah bidang spesialis yang mencakup pemasaran, serta penggunaan ruang dua dimensi dan tiga dimensi dan penempatan item dalam lingkungan penjualan.
Kemasan dapat memberikan jenis perlindungan yang berbeda kepada isinya, termasuk perlindungan secara fisik dan
pengisolasi.
Berbagai bahan yang berbeda dapat digunakan untuk kemasan, dengan syarat
murah, bahannya ringan di mana paling sering digunakan karena kepraktisan bahan
tersebut. Bahan yang dipilih juga dapat mengurangi biaya yang berkaitan dengan
transportasi dan distribusi produk.
Desain kemasan untuk lingkungan konsumen tidak hanya perlu
mempertimbangkan seperti apa produk terlihat secara individual, tetapi juga pernyataan
dari apa yang terlihat secara kolektif juga termasuk di dalamnya. Lingkungan
penjualan adalah sebauah tempat untuk melakukan transaksi yang berfungsi
sebagai sesuatu yang kreatif di mana konsumen suatu produk dapat meledak
melalui pesan yang disampaikan desainer pada kemasan. Dalam lingkungan penjualan
desain kemasan pastilah akan membuat suatu produk sangat kompetitif dan penjual
cenderung untuk menjual dengan kuntitas yang tinggi. Di supermarket misalnya, suatu
produk dengan merek dan kemasan harus kompetitif
untuk mengalahkan kompetitor lain dan menjaga agar penjualan berada di titik
aman.
Kemasan juga menaati berbagi peraturan yang ditetapkan dalam industri
dan konvensi masyarakat. Misalnya, kemasan makanan harus mengandung informasi
gizi karena akan memproyeksikan citra suatu merek kepada konsumen target yang
mencari kualitas, keamanan dan kehandalan. Dengan begitu, beberapa konsumen
mungkin kurang menerima desain eksperimental karena mereka memiliki yang persepsi
kuat tentang seperti apa suatu produk
makanan harus terlihat.
Mengingat dampak yang dramatis yang dimiliki kemasan, maka bidang desain
yang mempunyai kreativitas yang besar
empunyai peranan penting untuk memberikan jawaban yang relatif terhadap suatu tantangan langsung untuk melindungi dan menyajikan
produk kepada para konsumen.
Daft Punk
Desain tersebut diciptakan untuk DVD Electroma Daft Punk oleh Research Studios
dan memiliki fitur warna hitam pada kemasan metal. Kemasan ini ditampilkan dengan
kesan gelap, dan dengan tema alam industri musik tekno elektronik.
Superdrug
Desain ulang kemassan Turner Duckworth untuk produk Superdrug Handy
Wipes menggunakan gambar yang mengingatkan pembeli ketika mereka membutuhkan
tisu. Setiap packnya memiliki
tampilan berbeda untuk mengilustraskan bukan hanya orang tua yang memiliki anak
yang harus membersihkan tangan mereka.
Monsters
Kemasan
yang didesain Turner Duckworth untuk produk shampo anak – anak milik Superdrug
dengan tampilan monster memberikan kesan berbeda.
Neal’s Yard Remedies
Kemasan sabun Yard Remedies Neal aadalah kemasan yang didesain untuk dapat
digunakan kembali. Kemasan ini dicetak menggunakan tinta dari tumbuhan yang
mendukung semboyan dari merk yang bersangkutan.
Referensi: Ambrose, Gavin and Harris, Paul.2009.The Fundamentals of Graphic Design .Philadelphia:AVA Academia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar