Minggu, 09 Desember 2012

The Fundamental of Design Graphic:Packaging

Packaging atau kemasan adalah dasar suatu komunikasi tertulis yang mempunyai fungsi lain yang mencakup dicetak komunikasi, yang juga melakukan fungsi lain seperti mengemas dan melindungi isinya dari kerusakan, perubahan suhu, dan cahaya. Desain kemasan adalah bidang spesialis yang mencakup pemasaran, serta penggunaan ruang dua dimensi dan tiga dimensi  dan penempatan item dalam lingkungan penjualan.
Kemasan dapat memberikan jenis perlindungan yang berbeda kepada  isinya, termasuk perlindungan secara fisik dan pengisolasi.
Berbagai bahan yang berbeda dapat digunakan untuk kemasan, dengan syarat murah, bahannya ringan di mana paling sering digunakan karena kepraktisan bahan tersebut.  Bahan yang dipilih juga  dapat mengurangi biaya yang berkaitan dengan transportasi dan distribusi produk.
Desain kemasan untuk lingkungan konsumen tidak hanya perlu mempertimbangkan seperti apa produk terlihat secara individual, tetapi juga pernyataan dari apa yang terlihat secara kolektif juga termasuk di dalamnya. Lingkungan penjualan adalah sebauah tempat untuk melakukan transaksi yang berfungsi sebagai sesuatu yang kreatif di mana konsumen suatu produk dapat meledak melalui pesan yang disampaikan desainer pada kemasan. Dalam lingkungan penjualan desain kemasan pastilah akan membuat suatu produk sangat kompetitif dan penjual cenderung untuk menjual dengan kuntitas yang tinggi. Di supermarket misalnya, suatu produk dengan merek dan kemasan  harus kompetitif untuk mengalahkan kompetitor lain dan menjaga agar penjualan berada di titik aman.


Kemasan juga menaati berbagi peraturan yang ditetapkan dalam industri dan konvensi masyarakat. Misalnya, kemasan makanan harus mengandung informasi gizi karena akan memproyeksikan citra suatu merek kepada konsumen target yang mencari kualitas, keamanan dan kehandalan. Dengan begitu, beberapa konsumen mungkin kurang menerima desain eksperimental karena mereka memiliki yang persepsi  kuat tentang seperti apa suatu produk makanan harus terlihat.
Mengingat dampak yang dramatis yang dimiliki kemasan, maka bidang desain yang mempunyai  kreativitas yang besar empunyai peranan penting untuk memberikan jawaban yang relatif terhadap suatu  tantangan langsung untuk melindungi dan menyajikan produk kepada para konsumen.
Daft Punk
Desain tersebut diciptakan untuk DVD Electroma Daft Punk oleh Research Studios dan memiliki fitur warna hitam pada kemasan metal. Kemasan ini ditampilkan dengan kesan gelap, dan dengan tema alam industri musik tekno elektronik.
Superdrug
Desain ulang kemassan Turner Duckworth untuk produk Superdrug Handy Wipes menggunakan gambar yang mengingatkan pembeli ketika mereka membutuhkan tisu. Setiap packnya memiliki tampilan berbeda untuk mengilustraskan bukan hanya orang tua yang memiliki anak yang harus membersihkan tangan mereka.
Monsters
Kemasan yang didesain Turner Duckworth untuk produk shampo anak – anak milik Superdrug dengan tampilan monster memberikan kesan berbeda.
Neal’s Yard Remedies 
Kemasan sabun Yard Remedies Neal aadalah kemasan yang didesain untuk dapat digunakan kembali. Kemasan ini dicetak menggunakan tinta dari tumbuhan yang mendukung semboyan dari merk yang bersangkutan.




Referensi: Ambrose, Gavin and Harris, Paul.2009.The Fundamentals of Graphic Design .Philadelphia:AVA Academia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar