Rabu, 24 November 2010

LINUX PART I

Linux adalah sistem operasi yang open souce atau gratis. Linux memiliki grafik yang bagus dan bentuk aplikasi yang berbeda dari windows. Dari pengalaman saya dalam sistem operasi komputer saya menyarankan pada kalian yang baca untuk pakai linux. Karena Linux adalah opensource, masih sedikit virus yang diciptakan untuk linux. Linux mempunyai efek- efek yang tidak dipunyai windows seperti efek api, jendela goyang , efek mimize maximize. Tapi memang linux sedikit susah dibandingkan windows dan itu disebabkan karena masih sedikit pengguna linux. Jadi kalu kalian mau pakai linux lebih baik kalian buat kompi kalian jadi makai 2 OS(linux dan windows). Linux ada macam –macam distronya seperti redhat, ubuntu, debian, opensusse( baru itu yang saya ketahui). Tapi dari semua itu yang saya tahu cara makainya(meskipun belum banyak) yaitu ubuntu. Saya pakai ubuntu versi 10.04. Cara installnya sih gampang cuma tinggal masukin CD installernya terus klik next aja. Tapi kalau kalian mau pakai 2 OS tinggal kalian partisi aja lewat control panel-system and security-administrative tools-computer management. Pilih disk management lalu kalian pilih disk yang kalian mau partisi(jangan partisi disk C karena itu tempat sistem OS windows). Setelah itu kalian klik kanan lalu pilih Shrink Volume. Lalu masukin aja space yang kalian mau buat linux(saya saranin minimal 30 GB). Jangan sampai lupa kalo itu satuannnya MB jadi nanti kalian tulis misal 30000. Lalu tinggal kalian klik Shrink. Setelah itu kalian buat partisi lagi dengan space 1 GB(saya kurang tau buat apa kegunaan partisi yang ini dan saya kurang tahu partisi ini berguna atau tidak). Nah setelah itu tinggal kalian masukin CD-nya lalu restart. Kemudian kalian masuk ke BIOS dengan menekan F11(untuk masuk ke BIOS bisa beda karena beda merk kompi beda juga caranya). Lalu kalian tinggal jalanin aja. INGAT! jangan langsung memilih install ubuntu software tapi pilih Try without install ubuntu. Setelah kalian masuk kalian pilih install. Terus jalanin aja sesuai petunjukya. Nah itu cara install. Untuk efek ubuntu, tunggu postingan saya selanjutnyA di LINUX PART II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar