Senin, 21 Februari 2011

Hubungan Manusia dengan Cinta Kasih

Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna diantara makhluk lainnya. Manusia dapat dikatakan paling sempurna karna manusia memiliki akal pikiran, nafsu, dan bagian tubuh yang lebih sempurna dibanding makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Dengan kelebihan yang dimilikinya, manusia sepantasnyalah dapat menyelaraskan kesempurnaan itu dalam kehidupan sehari-hari. Berhubungan dengan itu, satu kelebihan yang dimiliki manusia adalah manusia memiliki perasaan atau rasa Cinta Kasih. Cinta banyak memiliki arti dan pandangan bagi tiap orang. Tidak semua orang sama dalam mendefinisikan cinta tersebut. Merupakan suatu keadaan yang normal apabila manusia memiliki cinta dan perasaan. Namun terkadang seseorang salah dalam mengartikan cinta yang sebenarnya.

Cinta merupakan sesuatu yang dilakukan makhluk terhadap objek lain, yang berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut. Bisa diartikan cinta itu satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit dan ini bisa di alami semua makhluk. Seiring bergulirnya waktu perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda.

Akhir akhir ini banyak manusia yang tidak lagi mengartikan cinta sebagai suatu nilai kasih sayang atau kesucian hati melainkan sebagai pelampiasan nafsu sesaat, walaupun hanya segelintir orang. Padahal cinta dapat diimplementasikan sebagai suatu ungkapan rasa kasih sayang terhadap sesama,orang tua,keluarga dan orang-orang yang membutuhkan uluran kasih sayang. Dengan saling membantu sesama itu juga diartikan sebagai sebuah cinta kasih. Jadi hubungan manusia dengan cinta kasih adalah manusia memiliki kesempurnaan hati dan akal yang berkaitan dengan cinta terhadap sesama, orangtua, lingkungan, bangsa dan Negara. Dengan adanya cinta kasih diharapkan dapat terwujudnya persatuan dan perdamaian dalam diri tiap-tiap insan.

Kesimpulannya setiap makhluk pasti memiliki hati nurani, di dalam hati nurani tersebut terkandung nilai yang sangat banyak salah satunya merupakan nilah cinta dan kasih sayang, banyak manusia yang salah mengartikan cinta dan kasih sayang ini terhadap sesamanya dan hanya untuk dimiliki. Padahal manusia dianugerahi akal dan pikiran namun banyak segelintir orang yang tidak menggunakkan ini dengan benar dengan hanya memikirkan dirinya sendiri, alhasil banyak manusia terutama para remaja yang salah mengartikan cinta dan kasih sayang ini. Oleh karena itu untuk bisa membangun akal dan pikiran yang benar dalam hal cinta dan kasih ini pertama kita harus mencintai diri kita sendiri dengan cara mendekatkan diri kepada tuhan yang menciptakan kita seperti ini. Selain dari itu cinta dan kasih sayang orang tua itu lebih berpengaruh terhadap kita. Jadi cintailah orang tua yang sudah membesarkan kita dengan hati hati dan mendidik kita hingga menjadi seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar